Alat Peraga Fisika – Botol Penyerap Radiasi

Alat peraga ini memahami konsep dari radiasi matahari. Bagaimana matahari memancarkan radiasinya. Alat peraga ini juga menggunakan Prinsip Kalor. Hukum Kekekalan Energi Kalor bunyinya “Apabila dua zat atau lebih mempunyai suhu yang berbeda dan terisolasi dalam suatu sistem, maka kalor akan mengalir dari zat yang suhunya lebih tinggi ke zat yang suhunya lebih rendah. Warna juga bisa mempengaruhi dari Radiasi Matahari. Semakin Gelap warna maka akan semakin banyak menyerap panas dari radiasi matahari.
Alat Peraga Fisika – Botol  Penyerap Radiasi
  Langsung saja, Ini alat dan bahannya :
● Botol Di Cat Hitam
● Botol Di Cat Putih
● Balon
● Wadah penampung Air Panas

● Air Panas
Letakkan balon pada mulut botol.
● Kemudian letakkan 2 botol tersebut di dalam wadah yang berisi air panas
Tunggu sampai ±15 menit
● Setelah menunggu selama ±15 menit, amati apa yang terjadi pada kedua balon?
● Mengapa balon pada botol hitam lebih mengembang di bandingkan dengan balon botol putih?
● Disebut apakah perpindahan kalor seperti itu?
  
Ketika botol hitam dan putih ditaruh didalam wadah yang berisi air panas, maka akan terjadi penyerapan kalor pada kedua botol tersebut. Dan setelah proses penyerapan kalor selama 15 menit, menghasilkan balon pada botol warna hitam lebih mengembang dibandingkan dengan balon pada botol warna putih.
Mengapa hal ini dapat terjadi? Warna hitam ternyata membantu untuk menyerap panas yang berasal dari sinar matahari. Ketika kedua botol di taruh di dalam wadah yang berisikan air panas, botol hitam akan menyerap panas lebih baik di bandingkan dengan botol putih. Udara panas yang diserap oleh udara panas ini, membuat partikel-partiel udara di dalamnya bergerak lebih cepat (tekanannya tinngi) sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar, akibatnya udara tersebut yang ada di dalam botol mengambil ruang lebih yang didapat dari balon. Oleh karena itu, balon pada botol hitam mengembang di bandingkan dengan balon pada botol berwarna putih.

Sekian Penjelasan dari admin mengenai Alat Peraga Fisika - Botol Penyerap Radiasi. Terima kasih

0 Response to "Alat Peraga Fisika – Botol Penyerap Radiasi"

Post a Comment