Materi Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Selamat malam para pembaca DB Edukasi yang masih utak atik mencari materi hehe, penulis akan membagikan kepada kalian mengenai Materi Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib dari sekian mata kuliah dasar. Mungkin kalian sudah tau kenapa dikti memberikan mata kuliah ini kepada para mahasiswa. Mungkin supaya mahasiswa lebih cakap dalam berbahasa Indonesia yang kita kenal selama ini masih banyak bahasa yang ambigu saat perbincangan satu sama lain.
Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Negara yang menjadi identitas sesama masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi. Semua orang di indonesia wajib menggunakan bahasa indonesia. Bahasa Indonesia juga sebagai pemersatu bangsa. Bangsa Indonesia juga banyak dipelajari di luar negeri. Menurut data lebih dari 10 universitas di seluruh dunia membuka program studi bahasa Indonesia. Mereka berkesimpulan jika bahasa Indonesia adalah bahasa yang simple baasa yang tidak berbelit-belit.
Kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya sadar jika bahasa tidak bisa dalam kehidupan sehari. Mungkin jika kalian di daerah masing masing masih menggunakan bahasa daerah, seperti di palembang yang masih banyak menggunakan bahasa melayu. Namun bagaiman jika kita keluar wilayah palembang seperti Jakarta mungkin mereka tidak mengerti mengenai bahasa yang kita bicarakan, maka dari itulah pentingnya bahasa pemersatu bangsa kita yaitu bahasa indonesia.
kita tahu jika Indonesia adalah negara dengan bahasa yang sangat beragam bahasa yang bisa dibilangtiap daerah memiliki keunikannya tersendiri. Tak lepas dari itu kita juga harus sadar kita memiliki pedoman bahasa negara kita. Kali ini penulis akan share materi mata kuliah Bahasa Indonesia. Berikut adalah program pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia.
  • Konsep Bahasa dan Fungsi Bahasa
  • Ragam dan Laras Bahasa
  • Penulisan Ejaan dan Tanda Baca
  • Kalimat dan Kalimat Efektif Dalam Penulisan
  • Paragraf atau Alinea Dalam Teks
  • Jenis-jenis Paragraf

Modul ini penulis ambil langsung dari sumber terpercaya yaitu kementrian pendidikan tinggi. Silahkan anda download modulnya di bawah ini
Sekian pembahasan admin kali ini mengenai materi mata kuliah bahasa indonesia. Semoga bermanfaat danmenjadi pedoman dalam pembelajaran bahasa Indonesia kalian. Terima kasih.

Keywords :
Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Materi Bahasa Indonesia, Bahan Ajar Bahasa Indonesia

7 Responses to "Materi Mata Kuliah Bahasa Indonesia"