Perigkat Pendidikan Indonesia Nomor 69 dari 76 Negara

Selamat Malam para pembaca DB Edukasi. Jika kalian menunggu hasil rangking di sekolah mungkin kalian akan sangat tegang, apakah juara 1 dan apakah juara terakhir :D Semoga saja  di peringkat ke 1. Nah bagaimaa jika yang sedang dirangking itu adalah negara kita ini Indonesia. Malam ini admin akan kilas balik mengenai peringkat pendidikan Indonesia dan seluruh dunia. Jika kita menelusuri google mengenai "Peringkat pendidikan Indonesia" pasti masih mengarah pada tahun 2013 ke bawah. Mungkin dari kalian penasaran peringkat Indonesia sekarang ini menduduki rangking berapa? Dan satu hal yang kita tau dari tahun ke tahun peringkat pendidikan indonesia masih menunjukan level yang sangat rendah.
Pada pertengahan tahun 2015, Badan Kerja Sama Dan  Pembanguna Ekonomi Dunia atau dalam bahasa Inggrisnya (Organisation for Economic Co-operation and Development ) telah mengumumkan Peringkat Pendidikan yang ada di Seluruh Dunia berdasarkan pada Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam pada usia 15 Tahun.Sebelum kita melihat peringkat dunia secara keseluruhan mungkin dari kalian belum tau mengenai Badan EOCD (Organisation for Economic Co-operation and Development ) berikut Profilnya :
Tentang OECD :
(OECD - Organisation for Economic Co-operation and Development) merupakan adalah sebuah organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas. Berdiri pada tahun 1948 dengan nama Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi Eropa (OEEC - Organisation for European Economic Co-operation), dipimpin oleh Robert Marjolin dari Perancis, untuk membantu menjalankan Marshall Plan, untuk rekonstruksi Eropa setelah Perang Dunia II. Kemudian, keanggotaannya merambah negara-negara non-Eropa, dan tahun 1961, dibentuk kembali menjadi OECD oleh Konvensi tentang Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi.
Perigkat Pendidikan Indonesia ke 69 dari 76 Negara

Bekerja Pada Bidang  :
  • Ekonomi: Daya Saing, Pertanian, Pertumbuhan ekonomi, Perusahaan, Industri dan Servis, Kewilayahan, Pembangunan perdesaan dan perkotaan
  • Pembangunan: Masalah-2 Pembangunan
  • Pemerintahan: Lembaga Pemerintah, Pemberantasan Korupsi, Manajemen Perlayanan Publik, Reformasi peraturan.
  • Kelestarian: Perikanan, Energi, Lingkungan Hidup, Kesinambungan Pembangunan
  • Kemasyarakatan: Pendidikan, Ketenaga Kerjaan, Masalah Kesejahteraan Masyarakat, Kesehatan, Migrasi.
  • Keuangan: Pasar Keuangan, Asuransi dan Pension, Investasi, Perpajakan.
  • Pembaruan: Bioteknologi, Teknologi Informasi dan komunikasi, Ilmu pengetahuan dan inovasi
   Tadi adalah sedikit info mengneai badan OECD.. Dari hasil yang ditunjukkan sangat mengejutkan bahwa 5 Negara Asia merajai di posisi teratas. Dan Negara tetangga kita sendiri Singapura menduduki Peringkat pertama dari 76 Negara. Disusul Negara Asia Timur Hongkong, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Dan Negara negara Afrika menduduki posisi terbawah. Peringkat ke 76 adalah Ghana. Dan Negara kita sendiri Indonesia menempati peringkat 69 dari 76 Negara. Sangat miris dengan prestasi Indonesia baru baru ini yaitu pencapaian Tim Robot Indonesia yang menjuarai kejuaran robot se-Indonesia. Walau begitu harus mengapresiasi perjuangan mereka yang mengharumkan Indonesia di kanca interasional. Berikut Daftar Rangking keseluruhan Pendidikan Versi OECD :
1. Singapura
2. Hong Kong
3. Korea Selatan
4. Jepang
4. Taiwan
6. Finlandia
7. Estonia
8. Swiss
9. Belanda
10. Kanada
11. Polandia
12. Vietnam
13. Jerman
14. Australia
15. Irlandia
16. Belgia
17. Selandia Baru
18. Slovenia
19. Austria
20. Inggris
21. Republik Ceko
22. Denmark
23. Francis
24. Latvia
25. Norwegia
26. Luxemburg
27. Spanyol
28. Italia
28. Amerika Serikat
30. Portugal
31. Lithuania
32. Hungaria
33. Islandia
34. Rusia
35. Swedia
36. Croasia
37. Republik Slovakia
38. Ukraina
39. Israel
40. Yunani
41. Turki
42. Serbia
43. Bulgaria
44. Romania
45. UEA
46. Cyprus
47. Thailand
48. Chile
49. Kazakhstan
50. Armenia
51. Iran
52. Malaysia
53. Kosta Rica
54. Meksiko
55. Uruguay
56. Montenegro
57. Bahrain
58. Lebanon
59. Georgia
60. Brazil
61. Jordan
62. Argentina
63. Albania
64. Tunisia
65. Macedonia
66. Arab Saudi
67. Kolombia
68. Qatar
69. Indonesia
70. Botswana
71. Peru
72. Oman
73. Maroko
74. Honduras
75.Afrika Selatan
76. Ghana
    
     Dari 76 Negara tersebut, negara ASEAN yang di rating yaitu Singapura, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Indonesia,  indonesia kalah bersaing dengan ASEAN sendiri dan yang bikin sakitnya Negara Malaysia sangat sering sekali mengimpor Dosen-dosen dari Indonesia namun hal itu bukan jaminan kalau Indonesia bisa mengalahkan Malaysia. Dan Ghana sendiri menempati posisi terakhir karna negara negara Afrika memang cenderung lemah dalam dalam pendidikan. Dan negara Adikuasa, Amerika Serikat menempati posisi ke 28.


     Dengan diterbitkannya peringkat tersebut kita harus mengintropeksi diri kalau negara kita memang masih lemah dalam hal pendidikan. Mungkin harapan adalah kurikulum 2013 yang digadang gadang menjadi revolusi besar dalam pendidikan di Indonesia. Harapan saya sebagai seorang mahasiswa pendidikan sangat menginginkan adanya sebuah perubahan yang besar dalam dunia Pendidikan. Mungkin metode yang diajarkan sekarang sangat berbeda sekali dengan metode di luar sana. Seperti halnya pendidikan di Singapura, sistem pendidikannya sangat sistematis, diatur seperti sebuah orkestra yang saling mengisi. 20% APBNnnya dimasukkan kedalam dunia Pendidikan. Kita juga harus tau kalau di Finlandia gaji seorang tenaga pengajar itu lebih mahal dari MPR. Dan kita lihat di Indonesia, gaji guru sangat rendah sangat miris dengan apa yang diberikan untuk negri ini. Sedangkan MPR, bermewah-mewahan, berpoya-poya tanpa menunjukan perubahan yang besar di dalam pendidikan Indonesia.
Saatnya untuk bangkit. Saatnya untuk menunjukkan Indonesia bukan negara yang penuh dengan masalah. Hidup Indonesia!!!

Kata kunci : Peringkat Pendidikan Indonesia, Rangking Indonesia dalam dunia pendidikan, Revolusi besar pendidikan Indonesia, Harapan untuk pendidikan Indonesia..

4 Responses to "Perigkat Pendidikan Indonesia Nomor 69 dari 76 Negara"

  1. pendidikan di Indonesia lebih ke hafalan bukan ke konsep. Jadi kalau dikasih soal yang beda padahal masih satu materi jadi gak bisa ngerjain :0

    ReplyDelete
  2. haha, perlu diubah ini untuk indonesia yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  3. miris juga ya peringkat pendidikan indonesia dimata dunia

    ReplyDelete